blesscar.co.id –

JAKARTA – Astra Daihatsu Motor (ADM) mendonasikan mobil Daihatsu Xenia untuk Universitas Gadjah Mada (UGM), Jogjakarta.

UGM berinisiatif dan mengajak Daihatsu dalam pengadaan sebuah kendaraan keliling. Kendaraan tersebut digunakan untuk membantu tenaga medis memeriksa kesehatan masyarakat yang membutuhkan lewat RTPCR (Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction), atau lebih dikenal dengan istilah swab test.

Daihatsu pun merespon positif dengan mendonasikan mobil Daihatsu Xenia yang akan dimodifikasi oleh UGM menjadi mobil Siaga Covid-19.Sesuai namanya, mobil Siaga Covid-19 berfungsi sebagai kendaraan swab test keliling.

Mobil ini dimodifikasi sedemikian rupa agar keamanan dan keselamatan tenaga medis sebagai garda terdepan tetap terjaga. Saat pengambilan sampel, tenaga medis akan tetap berada di dalam mobil dan pasien di sisi luar mobil. Selain lebih aman, modifikasi ini juga menghemat penggunaan APD.

Sejumlah kelengkapan pun sudah hadir di mobil ini. Sebut saja storage logistik alat swab test, alat pengukur suhu tubuh otomatis, mic dan speaker untuk sarana komunikasi dengan pasien, serta perangkat komputer untuk melaporkan hasil swab test secara real time.

“Daihatsu selalu mendukung segala upaya untuk memerangi pandemi Covid-19. Kami berharap donasi mobil ini dapat memberi hasil positif untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 di area Jogjakarta,” ujar Haryanto Nurya Hadiwijaya, General Affairs Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Sebelumnya, Daihatsu sudah ikut serta dalam penyelenggaraan pemeriksaan gratis Rapid Test Corona Virus 2019 (Covid-19). Ketika itu mereka bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Homecare24 dan BNPB.

Dalam program tersebut telah disediakan 100.000 Rapid Test dan Daihatsu membantu dengan menyediakan kendaraan untuk membantu operasional petugas. 10 unit kendaraan tersebut terdiri dari beberapa kendaraan unggulan Daihatsu yaitu Xenia, Luxio dan Gran Max. Kendaraan-kendaraan tersebut diyakini cukup untuk memenuhi kebutuhan mobilitas petugas medis yang bertugas.

Hingga berita ini dibuat, jumlah penderita Covid-19 masih terus bertambah. Tercatat sedikitnya ada 14.749 orang yang dinyatakan postif Covid-19. Dari jumlah tersebut ada 3.063 orang sembuh dan 1.007 orang meninggal. Meski jumlah kasus postif lebih sedikit ketimbang Singapura, jumlah pasien meninggal dunia di Indonesia merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. [Adi/Ari]

Mobil123